Artikel

Kencangkan Wajah dengan Benang atau Face Lifting ?

2018-03-15  402


  • KINI akses untuk meraih kecantikan dan tetap awet muda tak hanya dimiliki orang-orang kelas tertentu seperti para selebriti. Operasi bedah plastik kosmetik / bedah estetik telah membuat lompatan sesuai dengan meningkatnya permintaan. Berkembangnya teknik bedah plastik kosmetik / bedah estetik membuat berbagai tindakan mempercantik wajah menjadi hal biasa dan simpel, tidak memerlukan rawat inap. Prosedur mengencangkan wajah secara dramatis dapat dilakukan mulai dari yang paling sederhana dengan memasang benang thread lift sampai dengan tindakan yang lebih kompleks dan lebih permanen  (operasi Face lifting)  dapat dikerjakan di Pro Aesthetic Clinic.


Namun, jika Anda ingin operasi plastik, lakukan riset lebih dulu. Carilah dokter bedah plastik terbaik yang berpengalaman. Makin banyak pengetahuan yang didapat, makin besar kemungkinan Anda  mendapatkan hasil operasi dan perawatan bermutu tinggi. Dokter bedah yang baik akan memberikan konsultasi, dukungan dan saran mengenai pilihan apa saja yang Anda miliki dalam operasi bedah plastik kosmetik ini.
Komunikasi dua arah antara pasien dan dokter sangatlah penting agar dokter dapat memahami apa yang diinginkan oleh pasien (ekspektasi pasien) dan dokter dapat menjelaskan kemampuan dan batas kemampuannya, komplikasi yang mungkin timbul serta, teknik yang akan dilakukan, cara perawatan  pasca operasi, biaya yang diperlukan,  dikaitkan dengan kondisi pasien tersebut, sehingga pasien pun dapat memahaminya (terjadi kesamaan persepsi antara dokter degan pasien) sebelum diputuskan untuk dilakukan tindakan atau pembedahan. 


           THREAD LIFT
  1. Apa itu Threadlift?
    Merupakan prosedur kecantikan yang menggunakan benang khusus, terbuat dari nilon yang tidak mudah diserap yang diletakkan di bawah kulit untuk memberikan efek kencang dan awet muda. Benang yang memiliki kait ini akan memastikan kulit berada di posisi yang benar dan akan menstimulasi fibrosis serta kolagen sehingga dalam jangka waktu panjang, kulit muka dan leher menjadi kencang. Jaringan di bawah kulit pun akan mengalami peremajaan. Kini, sudah ada jenis benang yang dengan mudah dapat melebur bersama jaringan kulit.
  2. Apakah prosedur ini aman? Ya, threadlift  aman apabila dilakukan oler dokter yang memiliki kompetensi, thread lift lebih simpel karena hanya dilakukan sayatan kecil pada kulit di daerah pelipis sepanjang 1 cm. (bahkan ada juga system benang  yang tidak memerlukan pemotongan pada kulit) . Karena itu, kemungkinan perdarahan atau infeksi pun kecil. Kelebihan dari prosedur ini adalah, tindakan dapat dikerjakan dengan cepat (hanya sekitar 20 sd 30 menit) , pemakaian obat anestesi lokal lebih sedikit, dan masa pemulihan lebih cepat. 
  3. Tahan berapa lama efek kencangnya?
    Sekitar 1 -2 tahun. Berapa lama ketahanannya, tergantung dari faktor lain seperti kondisi kesehatan pasien, gaya hidup, rokok, dan pola tidur. Yang harus diperhatikan adalah beberapa  minggu pasca tindakan thread lift pasien dilarang melakukan pengurutan wajah/ facial treatment karena akan mempengaruhi (melonggarkan) kaitan  benang pada kulit didalammnya

  4. Apakah menyakitkan dan membuat bengkak?
    Ada kemungkinan terjadi pembengkakan ringan namun sebagain besar pasien akan dapat kembali beraktivitas normal dalam 10-15 hari. Jarang sekali terdapat memar dan bebas luka.

  5. Apakah prosedur ini bisa dikombinasi dengan perawatan lainnya?
    Ya. Threadlift bisa digabungkan dengan prosedur kecantikan lainnya yang dapat membantu menambah peremajaan dan pencerahan. Kecuali tindakan facial treatment berupa pengurutan/ massage seperti tersebut diatas. 

  6. Siapa yang sebaiknya melakukan threadlift?
    Hasil terbaik  umumnya akan dicapai pada pasien usia 35- 40 tahun , khususnya bagi mereka yang sudah memiliki tanda-tanda penuaan dini. Thread lift pada pasien berusia 41 sd 45 tahun biasanya hanya dikerjakan sebagai bantu loncatan sebelum dilakukan tindakan Face lifting oleh karena  pada usia yang lebih tua mungkin terdapat kelebihan kulit yang harus dibuang.

  7. Hasilnya seperti apa?
    Hasil yang baik dapat dilihat dalam 2 tahap :

    Wajah langsung tampak kencang. Ini akan menjadikan wajah Anda terlihat awet muda dan segar. Kondisi berlanjut setelah 10 bulan berikutnya dimana kolagen fibrotik dan elastin meningkat sehingga hasilnya akan membaik seiring berjalannya waktu!


          FACE LIFT

1.  Apakah itu face lifting? Adalah suatu prosedur untuk mengencangkan otot wajah dan kulit wajah yang kendor dan berlebih karena proses penuaan, yaitu dengan melakukan operasi kecil melalui sayatan yang tersembunyi untuk melakukan penarikan bagian otot yang disebut dengan Superficial Muscle Aponeurotic system (SMAS) sehingga kontur wajah menjadi lebih tirus lagi seperti 10 sd 15 tahun lebih muda. Dalam procedur ini ada sebagian  kulit berlebih yang harus  dibuang.

2.        Apakah procedure ini aman? Ya, bila dikerjakan oleh dokter bedah plastik yang berpengalaman. Tindakan ini dapat dikerjakan dengan anestesi lokal atau dengan sedasi pada pasien yang terlalu takut mendengar kata operasi. 

3. Tahan berapa lama efek kencangnya? Karena yang ditarik adalah ototnya, tentu saja daya tahan kencangnya bisa lebih lama ( rata-rata  10 sd 15 tahun untuk kulit yang elastisitasnya normal). Lama operasi tergantung kepada berat ringannya tindakan karena Face lift dapat dibagi menjadi:

Upper lifting saja (menarik sepertiga bagian atas wajah) Middle lifting (menarik sepertiga bagian tengah wajah).Lower lifting/neck lifting, dan bisa juga total face lifting. 

Lama operasi Rata -rata 2 sd 3 jam

4.     Apakah menyakitkan dan membuat bengkak? Operasi tidak nyeri karena dilakukan dalam pembiusan lokal maupun sedasi ( bila diperlukan ). Beberapa jam pasca operasi pasien dianjurkan untuk melakukan kompres dingin. Dan satu minggu pasca operasi dilakukan pengangkatan jahitan. Jahitan terletak dibagian yang tersembunyi sehingga relatif tidak terlihat.Untuk mencapai hasil yang lebih baik akan dilakukan scar treatment. Bengkak mungkin akan timbul dlm 5 sd 7 hari, sehingga sebaiknya pasien beristirahat di rumah. Memar bila ada akan hilang dalam 2 minggu

5.    Apakah procedure ini dapat dikombinasikan dengan prosedur lainnya? Tentu saja karena tarikannya pada otot dan kulit sangat kuat, pasca tindakan face lift pasien bebas melakukan treatment apa såja bahkan  untuk dilakukan pengurutan pada wajah (massage) pun tidak masalah  (tidak perlu khawatir dengan kemungkunan lepasnya kekuatan tarikan seperti pada thread lftting).

6.     Siapa yang sebaiknya melakukan tindakan face lifting? Pasien yang berusia 45 tahun keatas, yang memiliki kulit wajah yang kendor dan berlebihan (yang tidak mungkin efektif dengan thread liftting). 

7.        Adakah pemeriksaan tambahan yang diperlukan sebelum melakukan tindakan operasi? Karena dikerjakan pada pasien yang telah berumur, maka diperlukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan labolatorium darah, dan lain lain , sesuai dengan prosedur keselamatan pasien usia diatas 45 tahun.

8.      Hasilnya seperti apa? Pasca face lifting, hasilnya lebih dramatis, karena wajah akan tampak lebih tirus dan kencang 10 sd 15 tahun lebih muda, berbagai kerutan akan dapat dihilangkan. Dan hasilnya pun akan permanen 10 sd 15 tahun kedepan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik memang diperlukan pengorbanan, dan keberanian. Carilah Klinik dan dokter bedah plastik yang biasa mengerjakan. (Semua dokter bedah plastik rekonstruksi dan estetik di Indonesia telah dibekali dengan kompetensi ini, tinggal bagaimana mereka mengembangkan dan mengaplikasikannya di klinik berstandar dan Rumah Sakit)

kompas.com



Anda dapat berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Bedah Plastik, silahkan layangkan email ke konsultasi@proaestheticclinic.id, Dokter kami akan dengan senang hati menjawab setiap pertanyaan yang Anda ajukan.

*Untuk respon cepat terkait Informasi Konsultasi dan Operasi dapat menghubungi kontak berikut :

  • +62 812-9987-166
    Suster Dian
Atau menuju menu : tanya jawab Artikel lainnya

Podomoro Golf View, Ruko Blok 02 Unit 15, Bojong Nangka, Kec. Gn. Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16963

Lebih Rinci
© 2024 Pro Aesthetic Clinic