Tanya Jawab

Anda dapat berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Bedah Plastik, silahkan layangkan email ke konsultasi@proaestheticclinic.id, Dokter kami akan dengan senang hati menjawab setiap pertanyaan yang Anda ajukan.

*Untuk respon cepat terkait Informasi Konsultasi dan Operasi dapat menghubungi kontak berikut :

  • +62 812-9987-166
    Suster Dian
Gadis usia 21 tahun, payudara saya yang pertumbuhannya tidak maksimal, bahkan kurang dari normal (ekstra kecil). Saya sudah mencoba berbagai macam cara tapi tidak pernah berhasil. Dari menggunakan ramuan pil maupun krim tapi tetap tidak ada bedanya. Saya punya penyakit asma, apa itu mempengaruhi pertumbuhan payudara saya? Apakah payudara saya masih tumbuh dengan normal minimal sekepal tangan saya? atau tetap dengan ukuran yang super kecil. Sebentar lagi saya mau menikah, saya tidak ingin mengecewakan suami 
(Yanti)
2018-03-06 0 Balasan

Jawaban :



Mbak Yanti, perkembangan ukuran payudara dipengaruhi oleh sistem hormonal yang akan terlihat perubahannya pada masa pubertas, dan membesar aktif pada saat kehamilan.. Penyakit asma tidak berkaitan dengan keadaan tersebut.

Bila sebentar lagi anda akan menikah tentu saja diperlukan suatu perubahan drastis pada ukuran payudara anda yang memang relatif kecil dibandingkan dengan ukuran normal gadis seusia anda. Cara yang paling sederhana adalah dengan menanamkan implant payudara dibalik kelenjar payudara sesuai dengan ukuran yang diinginkan melalui suatu sayatan kecil sepanjang 3 cm di bagian lipat bawah payudara, atau di sekitar areola, dan dapat juga melalui sayatan lipat ketiak.. Pada saat hamil dan menyusui, implant tsb tidak akan berpengaruh banyak terhadap aktifitas payudara anda karena posisinya berada diluar kelenjar payudara.

Ada berbagai macam dan bentuk dan jenis implant payudara. Implant tersebut berbentuk kantong silikon yang didalamnya berisi cairan.garam fisiologis, mau pun kohesif gel silikon. Isi implant tersebut tetap akan berada di dalam kantongnya, kecuali bila dipecahkan, sehingga sangat aman dalam menjamin bentuk dan ukuran payudara yang diinginkan dan dapat dikeluarkan kembali dengan utuh , bila klien menghendakinya.

Operasi penanaman implant dilakukan dalam pembiusan umum, dengan lama perawatan satu hari (One Day Care) dan dikerjakan di kamar operasi dengan sterilitas yang terjamin. Sebelum operasi, dokter akan melakukan pemeriksaan lengkap dan berdiskusi dengan anda tentang ukuran dan bentuk yang diinginkan, sambil melakukan pemeriksaan fisik, dan laboratorium antara lain untuk mengetahui faktor pembekuan darah dan faktor-faktor lain yang akan mempengaruhi proses penyembuhan.

Karena dilakukan dalam pembiusan umum, anda diharuskan berpuasa kurang lebih enam jam sebelum pelaksanaan operasi. Lama operasi berlangsung lebih kurang satu setengah sampai dua jam, dan setelah sadar, anda bisa langsung makan dan minum. Dokter akan memberikan obat antibiotik dan pengurang rasa sakit walau pun nyeri pasca operasi jarang dikeluhkan. Keluhan yang biasa dirasakan klien adalah dada terasa penuh dan tegang dan akan terbiasa dalam dua sampai tiga hari. Sebelum satu minggu sebaiknya jangan dulu mengangkat tangan ke atas. Jahitan diangkat setelah lima atau tujuh hari. Aktifitas olah raga dan mengangkat beban berat, biasanya dapat dilakukan setelah satu bulan. Sebenarnya tidak diperlukan perawatan khusus pasca operasi, namun tindakan massage / pengurutan secara halus bermanfaat untuk melancarkan aliran limfatik payudara tersebut, dan tentu saja dokter akan menunjukkan bagaimana caranya.

Efek samping operasi ini jarang terjadi, kalau pun ada, mungkin berkaitan dengan alergi terhadap obat-obatan yang dipakai, namun dokter akan selalu melakukan test sensitifitas sebelumnya. Lebam dan memar, dapat terjadi pada klien yang memiliki faktor pembekuan darah yang memanjang atau sedang mengkonsumsi obat-obat pengencer darah (golongan aspirin, heparin, dll), obat-obat tersebut sebaiknya dihentikan dulu beberapa hari sebelum operasi. Efek samping jangka panjang adalah terbentuknya kapsul kontraktur dimana implant yang ditanam dindingnya agak mengeras, oleh karena reaksi jaringan akibat perlakuan penanaman yang agak ‘kasar'. Dokter Ahli Bedah Plastik anda, biasanya akan sangat menghargai jaringan dalam melakukan implantasi ini, sehingga hal tersebut dapat dihindari.

Biaya pemasangan implant payudara, bervariasi tergantung tarif masing-masing dokter dan di Rumah Sakit mana tindakan tersebut dikerjakan. (biaya tersebut bervariasi antara 25 juta sd 40 jutaan).

(Dr. Budiman, SpBP-RE dari Pro Aesthetic Clinic)


Jl. Raden Saleh No. 39D, (Puri INN Lt. 2)
Cikini - Jakarta Pusat (Depan RS Cikini)

Lebih Rinci
© 2019 Pro Aesthetic Clinic